skip to Main Content

BNPB Bersama BPBD Jawa Barat Kembali Menggelar Pelatihan Penyusunan Perencanaan Kontingensi

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana (Pusdiklat PB) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan acara Pelatihan Penyusunan Perencanaan Kontingensi di Provinsi Jawa Barat Angkatan IV Tahun 2022. Kegiatan yang diikuti oleh 30 peserta dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan BPBD Kabupaten/Kota di Jawa Barat ini diselenggarakan dari tanggal 6 – 10 Juni 2022 bertempat di Ballroom Hotel Aryaduta, Kota Bandung.

Kegiatan ini dimulai dengan penyampaian laporan penyelenggara yang disampaikan oleh Kepala Sub Koordinator Pelatihan Teknis PB BNPB, Wahyu Indriyadi. Selanjutnya, pemberian sambutan oleh Kepala Pusdiklat PB BNPB, Berton Suar Pelita Panjaitan. Terakhir, Kepala BPSDM Provinsi Jawa Barat, Hery Antasari, menyampaikan sambutannya sekaligus membuka kegiatan pelatihan ini.

Dalam sambutannya, Hery menyampaikan sebagai provinsi rawan bencana memang perlu memprioritaskan pendidikan dan pelatihan kebencanaan.

“Pendidikan dan pelatihan kebencanaan ini sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan terkait manajemen penanggulangan bencana. Apalagi, BPSDM Provinsi Jawa Barat sebagai center of corporate university telah memperoleh sertifikasi pelatihan teknis penanggulangan bencana dengan akreditasi A dari Pusdiklat PB BNPB” ungkap Hery.

Adapun maksud dan tujuan dari penyelenggaraan pelatihan ini, diharapkan peserta mampu menyusun rencana kontingensi yang berbasis skenario risiko bencana yang yelah disepakati bersama dengan para pelaku penanganan darurat dengan mempertimbangkan perkiraan kebutuhan sumber daya yang disusun dalam suatu kerangka kerja penanganan darurat.

Harapannya setelah mengikuti pelatihan ini peserta mampu memahami prinsip dan proses serta penyelenggaraan penyusunan rencana kontingensi, mengelola dan mengorganisasikan data, mengorganisasikan perilaku, untuk menyusun dokumen rencana kontingensi, serta mensimulasikan draft rencana kontigensi. Selain itu, peserta diharapkan siap mendukung dan ikut serta dalam kegiatan penanggulangan bencana baik yang diselenggatakan oleh BNPB maupun Instansi/Lembaga lain terkait penanggulangan bencana.

This Post Has 0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back To Top
error:
Open chat
Hallo ada yang bisa kami Bantu