Operator Pusdalops

Operator Pusdalops

26
April

Simulasi yang dilakukan oleh BPBD Provinsi Jawa Barat dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang jatuh pada hari Rabu tanggal 26 April 2017 di pelataran halaman Gedung Sate 

17
January


Giat Kepala Pelaksana BPBD Prov. Jabar dalam rangka mendampingi Bapak Gubernur Jawa Barat memberikan bantuan bagi para Korban Banjir Bandang di Kota Bima-NTB, Senin, 16 Januari 2017

20
December

KOTA BANDUNG – BPBD Provinsi Jawa Barat menerima kunjungan Badan Legislasi Daerah DPRD Kota Sukabumi beserta BPBD Kota Sukabumi pada hari Rabu, 14 Desember 2016 di Aula BPBD Provinsi Jawa Barat. Ketua Badan Legislasi Daerah DPRD Kota Sukabumi Ir. Henry Slamet diterima kedatangannya oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Mohamad Warsajaya, SH. M.Si dan PLT Sekertaris Badan Abud Setia Budiman, S.Sos M. Mpd.

Pada kunjungan kerja ini Banleg DPRD Kota Sukabumi datang dengan misi untuk mewujudkan perda tentang kebencanaan. Menurut Henry perda kebencanaan dinilai sangat dibutuhkan Kota Sukabumi, karena di masa sekarang kerusakan alam di berbagai tempat bisa berakibat bencana kepada Kota Sukabumi. Hal senada diutarakan oleh Kasi Kedaruratan Budi Budiman SKM, M.kes bahwa perda tentang kebencanaan diperlukan setiap kabupaten dan kota yang memiliki resiko bencana, karena sampai saat ini baru dua kabupaten yaitu Kabupaten Bandung dan Kabupten Bogor yang memiliki peraturan yang mengatur tentang kebencanaan, peraturan itu mengatur terutama tentang dana tak terduga. Dengan adanya dana tak terduga ini, penanganan tanggap darurat bisa lebih cepat ditangani karena bisa dicairkan oleh bupati langsung, dengan cepatnya dana turun ke daerah bencana, penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi pun akan lebih cepat terlaksana. Budiman juga menambahkan bahwa yang terpenting dalam penanganan bencana adalah pencegahan dan kesiapsiagaan, bilamana pencegahan dan kesiapsiagaan bencana sudah sempurna, maka keadaan siaga darurat akan lebih mudah ditangani.

Dengan dilaksanakannya diskusi ini, diharapkan Badan Legislasi Daerah DPRD Kota Sukabumi mendapatkan Informasi - Informasi yang bermanfaat untuk pembentukan Perda tentang kebencanaan yang nantinya akan berguna untuk masyarakat. (RH)

13
December

selasa 13-12-2016 sekitar jam 04.00 wib di Ds.sumbon Blok Bendungan Kemisan Rt.06/02 Kec.kroya Kab. Indramayu telah terjadi bencana alam banjir yang disebabkan tingginya curah hujan sehingga air luapan sungai cipondoh dengan sungai ciluncat yang menyebabkan terendamnya rumah warga di blok Rt.06/02 sebanyak 10 rumah ada pun rumah yang terendam yaitu :
1.sdr.agung
2.sdr.sri
3.sdr.calim
4.sdr.casdul
5.sdr.maksudi
6.sdr.cali
7.sdri.sulmiah
8.sdr.tasriah
9.sdr.warini
10.sdr.kikin
dan air juga merendam areal pesawahan sebanyak 83 Ha ketinggian air yang merendam pemukiman warga mencapai 60 cm sementara ketinggian air yang merendam arel pesawahan mencapai ketinggian 1m untuk korban jiwa tidak ada dan kerugian materil belum bisa ditaksir untuk ketinggian air sudah mulai surut dan Muspika ada di lokasi.

Ribuan rumah dan 2 SDN eretan wetan 1&2.. 1 MTs hasanudin juga 1 musolla kembali terkena dampak banjir rob setinggi 20cm sampe 1 meter di 3 Desa eretan wetan,eretan kulon dan kertawinangun.

Alamat BPBD Jabar

  • Jalan Soekarno Hatta No. 629, Bandung
  • Telp. 022 -7313267 | 022 - 7310952
  • Fax. 022 - 7315274
  • Email: bpbdprovjabar@gmail.com

Peta Lokasi BPBD Provinsi Jawa Barat

Pengunjung Website