pusdatin

pusdatin

22
February

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Barat Dicky Saromi meninjau lokasi banjir dan titik pengungsian di Kota Bekasi pada hari minggu, 22 Februari 2017. Banjir yang diakibatkan oleh intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan setidaknya belasan kompleks perumahan di Kota Bekasi terendam banjir, Gubernur Jawa Barat bersama Kalak BPBD Jabar meninjau lokasi banjir yang bertempat di Kampung Rawa Bambu, Kelurahan Kali Baru, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi. Selain meninjau lokasi banjir, Gubernur Jawa Barat juga memberikan bantuan logistik kepada 19 kepala keluarga yang mengungsi di gedung aula kelurahan Kali Baru.

Untuk mengatasi banjir Gubernur Jawa Barat menyatkan pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membantu pembuatan kolam retensi di wilayah rawan banjir, disamping itu upaya penghijauan di kawasan hulu sungai dam meminimalisir pembangunan rumah yang lokasinya di bawah permukaan sungai juga akan dilakukan.

Upaya mitigasi dan pengiriman bantuan logistik sudah dilaksanakan BPBD Provinsi bekerjsama dengan BPBD Kota Bekasi. Pada  saat berita terbit  (22 februari 2017) 8 dari 12 RT yang terdampak banjir masih tergenang dengan ketinggian 10 – 50 cm. (HUMAS BPBD JABAR / RH)

 

 

22
February

KABUPATEN BANDUNG BARAT – Tiga orang personil BPBD Provinsi Jawa Barat Yayat Syarif Hidayat, Hendra Budiyanto dan Nenden, mengikuti pelatihan SAR berkuda dan SAR K9 selama 6 hari mulai dari tanggal 5 sampai 12 Februari 2017. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Badan SAR Nasional di markas pelatihan SAR berkuda  di parongong  dan tempat pelatihan SAR K9 di Cikole Jayagiri.

Pada pelatihan ini para peserta dilatih untuk bisa akrab dan terbiasa dengan kuda, membongkar pasang stalhastel dan kelengkapan berkuda lainnya, melakukan perjalanan dengan kuda, melewati rintangan juga melakukan pemasangan alat bantu korban pada kuda. Selain itu juga peserta mendapat tambahan pelatihan yaitu melakukan pengenalan SAR K9 sehingga para peserta mengetahui teknis penggunaan anjing dalam kegiatan SAR.

Pelatihan SAR berkuda ini dilaksanakan agar para peserta dapat memanfaatkan tenaga hewan untuk membantu kegiatan SAR dan  keadaan bencana. SAR berkuda dipersiapkan  untuk menembus medan yang sulit dilalui oleh kendaraan, tenaganyapun bisa dimanfaatkan dalam proses evakuasi korban.  Sementara itu SAR K9 sangat dibutuhkan untuk pencarian korban, dikarenakan anjing memiliki indra penciuman yang tajam, selain itu anjing juga bisa membantu para rescuer untuk pelaksanaan kegiatan SAR di malam hari, karena anjing memiliki indra yang bisa diandalkanm untuk pencarian pada malam hari.

Diharapkan setelah berakhirnya pelatihan ini para peserta mendapatkan ilmu baru di bidang SAR dan  dimanafaatkan dalam penanggulangan bencana. (RH)

 

 

10
February

KABUPATEN INDRAMAYU – Rabu, 6 Februari 2017, Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jawa Barat mengadakan kegiatan bakti sosial di Kabupaten Indramayu, didampingi oleh Sekda Provinsi Jawa Barat Iwa karniwa  dan juga Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Barat Haryadi Wargadibrata. Acara ini dihadiri oleh masayarakat Desa Tulungagung, kabupaten indramayu yang sampai akhir januari terkena imbas dari meluapnya sungai cimanuk.  

“naiknya debit air sungai cimanuk membuat rumah warga desa tulungagung terendam banjir. Banjir ini diakibatkan oleh debit air yang tinggi, sedimentasi, pintu air yang rusak dan juga sampah. Maka dari itu, saya menghimbau para warga untuk jangan buang sampang sembarangan ke sungai, saya juga memohon bantuan dari bapak sekertaris untuk normalisasi sungai dan memperbaiki beberapa pintu air yang rusak.” Ujar bupati Kabupaten Indramayu Anna Sophanah.

Senada dengan Bupati Kabupaten Indramayu, pada  sambutan pembukaan acara, Sekda Provinsi Jawa Barat barat juga menghimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan karena itu adalah salah satu penyebab pendangkalan. Untuk mengatasi sedimentasi juga rusaknya pintu air  di aliran sungai cimanuk, Sekda  akan menghubungi kepala balai besar wilayah cimanuk. Tak lupa Sekda juga mengapresiasi penannggulangan bencana yang telah dilakukan oleh BPBD dan juga pihak terkait

Kepala DWP Provinsi Jawa Barat Elly Rosita Karniwa berharap seluruh sumbangan yang diberikan DWP Povinsi Jawa Barat  diterima dengan baik oleh seluruh warga karena ini adalah bentuk  kepedulian dari DWP Provinsi Jawa Barat. (RH)

 

   

 

01
February

KOTA BANDUNG - RSAU dr. Salamun menyelenggarakan pelatihan dan simulasi penaggulangan bencana selama dua hari, pada tangagl 26 – 27 Januari 2017, Bekerjasama dengan BPBD Provinsi Jawa Barat, Damkar Kota Bandung dan juga Damkar Bandara Husein Sastranegara. Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari ini diikuti oleh peserta sebanyak 120 orang yang terdiri dari Dokter, Perawat, Staf Rumah sakit dan Warga disekitar Rumah sakit. Hari pertama pelatihan para peserta diberikan pemahaman materi dan teori yang dilaksanakan di dalam ruangan aula RSAU dr. Salamun. Pemateri dari BPBD Provinsi Jawa Barat kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Drs. Dani Herdiana, M.Si memberikan materi tentang kebencanaan dan teori penaggulangan bencana. Pada hari kedua dilaksanakan pelatihan luar ruangan dan simulasi penanggulangan bencana. latihan luar ruangan meliputi praktik mencuci tangan, penanganan hidup dasar, dan cara memadamkan api baik menggunakan fire extinguisher ataupun karung goni basah. Simulasi dilaksanakan dengan skenario gempa bumi dan kebakaran, parapeserta dibagi dalam 4 kelompok yang memiliki tugasnya masing – masing. Sementara itu, Tim Pelatih mengawasi dan menilai performa dari para peserta.

Kepala RSAU dr. Salamun dr. Bambang S. Gunadi, SpRAD, MARS pada saat apel penutupan, mengtakan bahwa pelatihan dan simulasi yang sudah dilaksanakan dengan baik diharapkan menjadi modal bagi RSAU dr. salamun mendapatkan nilai akreditasi yang lebih baik dan yang paling penting adalah mendapatkan ilmu yang dapat diaplikasikan pada keadaan yang sebenarnya. Kepala RSAU dr. Salamun juga mengucapakan terimakasih untuk seluruh pihak yang berkerjasama dan telah membantu kelancaran jalannya pelatihan dan simulasi bencana.

Alamat BPBD Jabar

  • Jalan Soekarno Hatta No. 629, Bandung
  • Telp. 022 -7313267 | 022 - 7310952
  • Fax. 022 - 7315274
  • Email: bpbdprovjabar@gmail.com

Peta Lokasi BPBD Provinsi Jawa Barat

Pengunjung Website