22
February

BPBD Provinsi Jawa Barat ikut serta dalam pelatihan SAR Berkuda

Written by 
Published in Berita Kegiatan

KABUPATEN BANDUNG BARAT – Tiga orang personil BPBD Provinsi Jawa Barat Yayat Syarif Hidayat, Hendra Budiyanto dan Nenden, mengikuti pelatihan SAR berkuda dan SAR K9 selama 6 hari mulai dari tanggal 5 sampai 12 Februari 2017. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Badan SAR Nasional di markas pelatihan SAR berkuda  di parongong  dan tempat pelatihan SAR K9 di Cikole Jayagiri.

Pada pelatihan ini para peserta dilatih untuk bisa akrab dan terbiasa dengan kuda, membongkar pasang stalhastel dan kelengkapan berkuda lainnya, melakukan perjalanan dengan kuda, melewati rintangan juga melakukan pemasangan alat bantu korban pada kuda. Selain itu juga peserta mendapat tambahan pelatihan yaitu melakukan pengenalan SAR K9 sehingga para peserta mengetahui teknis penggunaan anjing dalam kegiatan SAR.

Pelatihan SAR berkuda ini dilaksanakan agar para peserta dapat memanfaatkan tenaga hewan untuk membantu kegiatan SAR dan  keadaan bencana. SAR berkuda dipersiapkan  untuk menembus medan yang sulit dilalui oleh kendaraan, tenaganyapun bisa dimanfaatkan dalam proses evakuasi korban.  Sementara itu SAR K9 sangat dibutuhkan untuk pencarian korban, dikarenakan anjing memiliki indra penciuman yang tajam, selain itu anjing juga bisa membantu para rescuer untuk pelaksanaan kegiatan SAR di malam hari, karena anjing memiliki indra yang bisa diandalkanm untuk pencarian pada malam hari.

Diharapkan setelah berakhirnya pelatihan ini para peserta mendapatkan ilmu baru di bidang SAR dan  dimanafaatkan dalam penanggulangan bencana. (RH)

 

 

Read 710 times
Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Alamat BPBD Jabar

  • Jalan Soekarno Hatta No. 629, Bandung
  • Telp. 022 -7313267 | 022 - 7310952
  • Fax. 022 - 7315274
  • Email: bpbdprovjabar@gmail.com

Peta Lokasi BPBD Provinsi Jawa Barat

Pengunjung Website