08
December

Tingkatan Kemampuan Perencanaan Kontinjensi Bencana, BPBD Provinsi Jawa Barat Kunjungi BMKG

Written by 
Published in Berita Kegiatan

JAKARTA – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Jawa Barat, DR. R. Haryadi Wargadibrata bersama 60 orang pegawai BPBD Jabar  mengunjungi kantor BMKG Pusat pada hari Selasa, tanggal 29 November 2016. Kunjungan ini diterima oleh Kepala Biro Hukum dan Organisasi BMKG, Wahyu Adji Herpriasono SH. DESS di ruangan Crisis Centre BMKG.

“Start awal mengantisipasi bencana baik BNPB dan BPBD semua mengacu pada informasi BMKG, mudah mudahan kita bisa menjiwai dan menghargai hasil hasil kerja BMKG yang sangat diperlukan oleh masyarkat.” Ujar Haryadi Wargadibrata. Kalak BPBD berharap mempererat kerjasama yang sudah baik terjalin diantara BMKG dan BPBD karena hal ini merupakan hal yang essensial dalam mengurangi resiko bencana.

Hal senada diutarakan Wahyu Adji bahwa BMKG melalui BPBD berharap informasi dari BMKG sampai ke masyarakat sihngga dapat mengurangi potensi bencana. “Terutama sebentar lagi kita akan menghadapi puncak musim hujan, harapan kita (BMKG) dengan kesiapsiagaan dan kewaspadaan BPBD khususnya Provinsi Jawa Barat bisa mengurangi resiko bencana” ujar Wahyu Adji pada sambutannya.

“untuk menghadapi musim hujan, informasi BMKG harus disikapi para kepala daerah sebagai bentuk  penanggulangan bencana dan dengan prakiraan ini lah kita menjadi siaga dan waspada jadi pada saat darurat kita siap mengantisipasi sehingga resiko yang muncul bisa dikendalikan. Inilah bagian dari kontijensi.” Ujar Haryadi Wargadibrata menutup sambutannya.

 

Untuk menutup sambutannya Wahyu Adji ingin mengingatkan bahwa menurut UU No. 31 tahun 2009 bahwa informasi cuaca merupakan milik BMKG yang membuat BMKG menjadi sumber yang terpercaya dalam hal informasi cuaca, BMKG berharap BPBD bisa turut serta mengedukasi masayarakat agar tidak mudah percaya HOAX tentang informasi cuaca di indonesia.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan mengunjungi Ruangan Operational Meteorologi, Operasional Klimatologi, INATEWS dan Simulator Gempa. (RH)

Read 1770 times
Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Alamat BPBD Jabar

  • Jalan Soekarno Hatta No. 629, Bandung
  • Telp. 022 -7313267 | 022 - 7310952
  • Fax. 022 - 7315274
  • Email: bpbdprovjabar@gmail.com

Peta Lokasi BPBD Provinsi Jawa Barat

Pengunjung Website