21
November

Kunjungan Komisi E Dprd Jawa Tengah Dan Bpbd Provinsi Jawa Tengah Ke Bpbd Provinsi Jawa Barat

Written by 
Published in Berita Kegiatan

 

 

FOTO :  (DARI KIRI KE KANAN) : KABID KEDARURATAN DAN LOGISTIK MOHAMAD WARSAJAYA, KABID PENCEGAHAN DAN KESIAPSIAGAAN DANI HERDIANA BERSAMA DENGAN SEKERTARIS KOMISI E HASAN ASYARI

 

BANDUNG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Barat menerima kunjungan kerja dari  Komisi E DPRD Jawa Tengah beserta BPBD Provinsi Jawa Tengah pada hari Kamis, 17 November 2016 di Aula BPBD Provinsi Jawa Barat. Acara ini dihadiri oleh perwakilan komisi E DPRD Jawa Tengah, Perwakilan BPBD Provinsi Jawa Tengah, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Jawa Barat Dani Herdiana, dan Kabid Kedaruratan dan Logistik Mohamad Warsajaya.

Pada kesempatan diskusi bersama, Sekertaris Komisi E DPRD Jateng Hasan Asyari menjelaskan bahwa Jateng memiliki beberapa potensi bencana seperti erupsi gunung merapi di kabupaten Magelang, Boyolali, Klaten, Tegal, Purbalingga, dan Pemalang. Jateng juga memiliki potensi tsunami di wilayah Kebumen, Purworejo, dan Cilacap. Banjir Rob juga mengancam di daerah sekitar Pati dan Grobogan.

Hal senada juga disampaikan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Jawa Barat Dani Herdiana, “karakteristik bencana Jawa Barat itu kurang lebih ada 17, lebih banyak satu poin dibandingkan provinsi lainnya karena Jabar punya potensi bencana yang disebabkan oleh nuklir dikarenakan jabar memiliki BATAN (Batan Tenaga Nuklir Nasional) yang bertempat dekat ITB, tetapi Alhamduillah kita sudah memiliki renkon nya dan juga sudah teruji.”

Komisi E dan BPBD Provinsi Jawa Tengah juga membahas penaggulangan bencana banjir, longsor dan tsunami dengan penggunaan early waning system.  Hasan Asyari mengatakan bahwa meskipun Jawa Tengah memiliki pengalaman dalam menaggulangi bencana tetapi tetap saja menakutkan ketika bencana besar tiba - tiba terjadi. Maka dari itu untuk mengatasinya diperlukan early warning system. Tetapi hal ini masih terkendala  karena harga satu titik bisa mencapai 500 juta Rupiah.

BPBD Provinsi jawa barat sendiri sudah memiliki early warning system di beberapa titik tempat rawan bencana longsor, banjir, tsunami hasil dari bantuan BNPB dan NGO. Dani Herdiana menyampaiakn disamping menggunakan early waning system, BPBD Provinsi Jawa Barat juga memanfaatkan kearifan lokal masyarakat untuk penanggulangan bencana. “Kita memberikanm pemahaman kepada masyarakat tentang memberdayakan lagi menegenai budaya lokal untuk peringatan dini bencana. Seperti dengan penggunaan kembali kohkol (kentongan)” tandasnya. (RH)

Read 1519 times
Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Alamat BPBD Jabar

  • Jalan Soekarno Hatta No. 629, Bandung
  • Telp. 022 -7313267 | 022 - 7310952
  • Fax. 022 - 7315274
  • Email: bpbdprovjabar@gmail.com

Peta Lokasi BPBD Provinsi Jawa Barat

Pengunjung Website