31
October

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Relawan PB Provinsi Jawa Barat 2016

Written by 
Published in Berita Kegiatan

PANGALENGAN - Memiliki Relawan yang cakap, efektif dan juga efisien dalam Penanggulangan Bencana merupakan  sumber daya  yang sangat dibutuhkan oleh Badan Penaggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Barat, tetapi untuk membentuk relawan yang dibutuhkan diperlukan pelatihan dan pengalaman sehingga para relawan bisa melaksanakan tugasnya dengan baik di lokasi bencana. Maka dari itu  Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Pelatihan Peningkatanan Kapasitas Relawan PB di Kawasan Situ Cileunca Pangalengan Kabupaten Bandung, acara ini  diselenggarakan selama 4 hari dari tanggal 28 – 31 Oktober 2016.  Peserta Pelatihan terdiri  oleh relawan penaggulangan bencana dari seluruh elemen di Jawa Barat. BPBD Provinsi Jawa Barat juga mengundang  berbagai instansi untuk menjadi pemateri dan instruktur diantaranya, Lemhanas RI, Pusdiklat BPNB, BPBD Kabupaten Bandung, RSAU Salamun, Kepala Kantor SAR Bandung, Rescue 512, Vertical Rescue Indonesia, Psychorescue UIN SGD.


Dalam pelatihan ini para relawan mendapatkan ilmu dan kemampuan yang lengkap mulai dari nilai – nilai kebangsaan, dinamika kelompok, sistem dan manajemen kedaruratan PB, SOP Kesiapsiagaan dan kedaruratan, pedoman & kecakapan relawan penaggulangan bencana, pemahaman tugas sektor kesehatan, sektor logstik, sektor evakuasi, evakuasi medan air dan evakuasi medan terjal, tugas TRC Penanggulangan Bencana dan Posko dalam Penggualngan Bencana, tugas sektor sosial dan pengungsi, simulasi pendampingan psikososial, simulasi Penanggulangan Bencana. Pelatihan akhirnya ditutup oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Barat Drs. Dani Herdiana, M,Si pada Senin, tanggal 31 Oktober 2016.

Setelah mendapatkan pelatihan dari para instruktur, para relawan diharapakan memiliki kemampuan dan pengetahuan dasar sehingga dapat melaksanakan tugas dengan maksimal, efektif dan efIsien di lokasi bencana. (RH / HUMAS BPBD PROVINSI JAWA BARAT)

Read 1555 times
Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Alamat BPBD Jabar

  • Jalan Soekarno Hatta No. 629, Bandung
  • Telp. 022 -7313267 | 022 - 7310952
  • Fax. 022 - 7315274
  • Email: bpbdprovjabar@gmail.com

Peta Lokasi BPBD Provinsi Jawa Barat

Pengunjung Website