25
October

Pasca Banjir Bandang di Kabupaten Garut

Written by 
Published in Berita Umum

Pascabanjir bandang di Kabupaten Garut beberapa waktu silam. Kepala BNPB Willem Rampangilei bersama Ketua Komisi VIII DPR RI, M. Ali Taher Parasong melakukan kunjungan kerja ke Garut. Rombongan, disambut langsung oleh Rudy Gunawan, Bupati Garut. "Hal yang kongkrit sudah diarahkan oleh BNPB sehingga kami mudah dan merasa didampingi hingga akhir serta mendapatkan penjelasan yang komprehensif. Karena bencana ini hal yang baru dan pertama kali bagi kami" ungkapnya.

Bupati Garut juga menyampaikan luapan dari Sungai Cimanuk yang menyebabkan banjir bandang dan rusaknya rumah,sekolah dan fasilitas umum lainnya menyebabkan 787 KK dan 2.525 jiwa mengungsi. Pengungsi berada di 7 lokasi pengungsian, 352 KK atau 1.354 jiwa dan pengungsi mandiri sejumlah 435 KK atau 1.171 Jiwa.

Kepala BNPB menjelaskan agar Pemda mempercepat rekomendasi rencana aksi (renaksi), sehingga tahun 2017 pembangunan pemukiman baru sudah selesai. Kerugian mencapai 291 Milyar sedangkan berdasarkan Damage and Loss Assessment (DALA) BNPB, kebutuhan untuk perbaikan mencapai Rp.681 Milyar yang terdiri dari perbaikan perumahan, Infrastruktur, sosial, ekonomi produktif, perbaikan lintas sektor/lingkungan. BNPB siap membantu daerah dalam tahap rehabilitasi dan rekonstruksi, namun menunggu kebijakan pemerintah daerah dalam menentukan tempat baru (relokasi) atau ketersediaan lahan. "Pembangunan yang kami prioritaskan adalah pembangunan perumahan untuk penduduk, setelah itu baru Infrastruktur pendukung," jelasnya.

Ketua Komisi VIII, M. Ali Taher Parasong mengatakan Money follow program, karena negara hadir di tengah rakyat. "Dari legislatif kami mendukung penuh untuk BNPB. Karena sikap responsif BNPB kepada masyarakat dan keberpihakan kepada rakyat yang patut kita dukung" ucap Ali Taher. Pada kesempatan tersebut Ketua Komisi VIII, juga mengatakan prinsip kepimpinan, seperti pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bermanfaat bagi orang lain. Karena setiap perkataan menjadi bernilai ketika dilengkapi dengan perbuatan dan akhlak adalah revolusi mental, revolusi mental adalah memperbaiki akhlak. "Ada empat pesan saya dalam rehabilitasi dan rekonstruksi, yakni Obyektif,rasional, proposional, dan fokus" pesannya.

Pada kesempatan tersebut BNPB juga memberikan bantuan untuk para pengungsi banjir bandang Garut, sebesar Rp 320 juta.

Setelah dari pendopo Bupati,rombongan juga menyempatkan diri melakukan kunjungan lapangan, antara lain RSUD Garut dan Sungai Cimanuk daerah Cimacan. Hal ini untuk membangun psikologis masyarakat yang terdampak.

Read 1101 times Last modified on Monday, 31 October 2016 01:43
Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Alamat BPBD Jabar

  • Jalan Soekarno Hatta No. 629, Bandung
  • Telp. 022 -7313267 | 022 - 7310952
  • Fax. 022 - 7315274
  • Email: bpbdprovjabar@gmail.com

Peta Lokasi BPBD Provinsi Jawa Barat

Pengunjung Website