22
September

Dilaporkan pada Selasa malam, Tanggal 20 September 2016, telah terjadi bencana banjir bandang di Kota dan Kabupaten Garut, Jawa Barat. Banjir bandang diakibatkan oleh luapan sungai cimanuk yang berdampak pada enam kecamatan, diantaranya Kecamatan Garut Kota, Kecamatan Bayongbong, Kecamatan Karang Pawitan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kecamatan Tarogong Kaler, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut.

Bencana ini mengakibatkan 21 korban meninggal dunia, 16 orang masih dalam pencarian, 32 orang mengalami luka – luka, serta 433 jiwa terpaksa harus mengungsi untuk sementara. Sementara itu banjir bandang juga mengakibatkan kerusakan materil berupa 154 unit rumah rusak berat, 19 unit rumah rusak sedang, 33 unit rumah rusak ringan, 398 unit rumah terendam, 347 unit rumah hanyut, dan 4 buah jembatan rusak sedang.

BPBD Provinsi Jawa Barat sampai saat ini telah melakukan penangnan dengan melakukan pencarian 16 orang korban hilang, memberikan bantuan logistik berupa sandang dan pangan untuk para korban terdampak, dan juga mendirikan posko pengungsian. Dalam Upaya penanganan bencana banjir bandang di Kota dan Kabupaten Garut ini BPBD Provoinsi Jawa Barat bekerjasama dengan instansi – instansi terkait seperti BPBD KABUPATEN GARUT, KOREM, KODIM, POL PP, POLRES, BASARNAS, dan CORE ORARI Garut.  Hingga berita ini diterbitkan BPBD Provinsi Jawa Barat masih melakukan kegiatan penanganan bencana dan pembaharuan data dampak dari bencana banjir bandang di Kota dan Kabupaten Garut. (PUSDALOPS – HUMAS BPBD PROVINSI JAWA BARAT)

Read 1263 times
Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Alamat BPBD Jabar

  • Jalan Soekarno Hatta No. 629, Bandung
  • Telp. 022 -7313267 | 022 - 7310952
  • Fax. 022 - 7315274
  • Email: bpbdprovjabar@gmail.com

Peta Lokasi BPBD Provinsi Jawa Barat

Pengunjung Website