BADAN PENANGGULANGAN
BENCANA DAERAH
PROVINSI JAWA BARAT
Jalan Soekarno Hatta No 629 Bandung



Indeks Artikel

 

   

Longsor Akibatkan Dua Saluran Irigasi Ambles

Sabtu, 05/01/2013 - 18:04

CIAMIS, (PRLM).- Guyuran hujan terus menerus kembali menimbulkan longsor di dua daerah di Ciamis. Longsor mengakibatkan saluran irigasi Cimarongmong, di Kecamatan Cikoneng ambles tergerus air.

Pada lokasi yang sama derasnya aliran air juga menyebabkan jembatan serta akses jalan menuju dua desa, yakni Dusun Wetan Desa Cimari dan Dusun Sukasari Desa Imbanagara terputus akibat longsor.

Sementara itu, longsor juga terjadi di Dusun Jotang dan Legok Desa Inragiri, Kecamatan Panawangan. Longsor menyebabkan satu rumah rusak, tiga dikosongkan, dan 10 rumah lainnya terancam.

Pada peristiwa amblesnya saluran irigasi Cimarongmong salah seorang warga, Cucu (47) menuturkan peristiwa terjadi pada Jumat (4/1/13) malam. Longsor serta amblesnya saluran dan akses penghubung warga itu terjadi dalam dua tahap.

"Sekitar pukul 5.00 memang sempat terdengar retakan, tapi bunyinya tersamar oleh derasnya hujan. Baru sekitar pukul 21.00 terdengar suara gemuruh yang keras ternyata jalan longsor dan mengakibatkan saluran irigasi ambles," ucapnya saat ditemui di lokasi kejadian, Sabtu (5/1/13).

Akibat terputusnya jalan tersebut Cucu mengungkapkan untuk menuju jalan raya kini warga harus memutar melalui Cikarohel.

Pada bencana longsor yang terjadi di Panawangan, peristiwa terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Tebing sepanjang 8 meter dan tinggi 12 meter menimpa rumah milik Sadi (45). (A-188/A-88)***

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/node/217737